PENGALAMAN TES MANAGEMENT DEVELOPMENT PROGRAM (MDP) BERUJUNG PURCHASING PADA PT. PAN BROTHERS, TBK


Hai Bloggers!
Setelah lulus kuliah kini aktivitas saya mondar-mandir kesana-kemari untuk mencari pekerjaan hehe.
Disetiap proses yang saya jalani banyak hal yang membuka mata hati saya, yaps kita bisa belajar dari mana saja untuk meningkatkan rasa syukur kita. Untuk para jobseeker seperti saya, percaya saja setiap manusia mempunyai waktunya masing-masing, yang terpenting terus berusaha semaksimal mungkin dan jangan lupa ada Sang Maha Kuasa yang telah mengatur segalanya.
Disini saya akan sharing pengalaman saya yang pernah tes di salah satu perusahaan yaitu PT. PAN Brothers, Tbk. PT. PAN Brothers, Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dibidang garment. Perusahaan ini begitu besar, suatu kebanggan tersendiri memperoleh panggilan dari PT. PAN Brothers, Tbk. Pada awalnya saya mendaftar posisi Management Development Program (MDP). Management Development Program (MDP) merupakan program percepatan karir yang dimiliki oleh PT. PAN Brothers, Tbk. Setelah menjalani tahapan dalam Management Development Program (MDP) bagi yang lolos akan menempati posisi strategis di PT. PAN Brothers, Tbk.
Beberapa tahapan yang harus dilalui dalam tes Management Development Program (MDP) yaitu :
1.      Seleksi berkas
2.      Psikotest
3.      Interview HRD
4.      Focus Group Discussion (FGD)
5.      Interview User
A.    Psikotest
Tanggal 18 September 2019 saya mengirim email lamaran saya untuk posisi Management Development Program (MDP). Keesokan harinya tanggal 19 September 2019 saya memperoleh email undangan Psikotes dan FGD. Saya juga heran respon yang diberikan begitu cepat, namun saya baru ingat pernah mendaftar juga di melalui Jobfair di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Undangan psikotes dijadwalkan pada tanggal 24 September 2019 pukul 09.00 WIB di PT. PAN Brothers (Green Office) yang terletak di Desa Butuh, Mojosongo, Boyolali. Namun karena saat itu saya sedang berapa diluar kota sehingga saya meminta reschedule jadwal menjadi 15 Oktober 2019. Psikotest yang pertama hanya mengenai kepribadian dan test koran (kreapelin)
B.     Interview HRD
Setelah melakukan psikotest yang pertama, selanjutnya diteruskan dengan interview HRD. Interview yang dilakukan cukup singkat. Hanya mengenai hal-hal umum mengenai alasan mendaftar posisi tersebut, pengalaman, dan lain-lain (pembahasan mengenai CV yang telah dikumpulkan). Setelah interview kemudian dipersilahkan untuk pulang. Saya pun sebenarnya bingung mengapa diminta untuk pulang, sedangkan di undangan dalam email berupa psikotes dan FGD.
C.    Interview User
Satu minggu setelah psikotest saya mendapat telepon dari PT. PAN Brothers, Tbk yang mengatakan bahwa saya belum lolos untuk posisi Management Development Program (MDP) dan jika berkenan saya di alihkan untuk posisi Purchasing. Mendengar tawaran tersebut saya berfikir sejenak karena saya tidak memiliki pengalaman apapun mengenai Purchasing. Akhirnya saya terima dan saya hadir untuk melakukan interview user pada tanggal 22 Oktober 2019.
Saya diminta datang pukul 13.00 WIB namun hingga pukul 15.00 WIB saya dan ke tiga teman saya belum juga dipanggil. Ternyata user yang seharusnya menjadi interviewer sedang meeting di Jakarta. Pada akhirnya kami yang berjumlah 4 orang interview melalui video call.
D.    Praktik Purchasing
Setelah interview user saya pikir telah selesai dan tinggal menunggu hasil. Namun ternyata saya diminta hadir tanggal 4 November 2019 untuk test skill. Ketika itu yang memperoleh undangan tes skill hanya 2 orang, firasat saya yang akan diterima hanya 1 orang. Test skill diawali dengan penjelasan mengenai bagaimana cara menginput data-data untuk dapat dibuat purchase order. Kemudian diminta untuk mencoba menyelesaikan sendiri. Selesai test skill diminta untuk pulang dan menunggu hasilnya.

Begitulah tahapan yang pernah saya lalui yang dimulai dari posisi Management Development Program (MDP) berujung pada posisi Purchasing. Pihak HRD mengatakan pengumumannya sekitar 1 minggu. Namun saya tak kunjung juga dihubungi, dan ternyata yang diterima adalah rekan test saya. Hehe memang bukan rejeki saya, ya tidak bisa dipungkiri harapan saya cukup tinggi karena sudah sampai pada tahap akhir dan saya sudah mulai frustasi karena tak kunjung bekerja HAHA. Saya percaya saya akan menemukan pekerjaan yang memang untuk saya diwaktu yang tepat karenaNya. Tetap semangat untuk kita jobseekers!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ESSAY: CUCU BUTI “CUMI – CUMI BUMBU TINTA” SEBAGAI WUJUD OPTIMALISASI POTENSI LOKAL MELALUI KULINER KHAS SULAWESI TENGAH GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN NASIONAL BERBASIS SEKTOR PERIKANAN DAN KELAUTAN

CERPEN: Hujan Cinta